Teknik Vokal Scream Dan Growl

Underoath-2012Olah vokal scream itu bukan hanya asal berteriak saja atau menyedot suara, tapi scream itu ada teknik-tekniknya. Jika kita melakukan vokal scream yang asal-asalan bisa berakibat pada perubahan suara kita, bahkan yang lebih bahayanya lagi pita suara kita bisa putus. Agar bisa melakukan vokal scream baik dan aman, sekaligus terdengar beda dari scream-scream yang biasanya berikut saya akan menjabarkan teknik-teknik scream dan band-band yang memakai teknik scream tersebut :

1. SCREAM :

Olah vokal ini adalah dasar dari semua Scream yang ada. Untuk melakukannya cukup dengan langkah-langkah seperti ini :
- mengeluarkan nafas dengan cara yang agak berat
- biasakan dengan kondisi seperti itu lalu cobalah sambil berteriak (tapi jangan terlalu kencang, untuk awalan kita hanya memerlukan sampai terdengar “teriakan” yang agak berat bila didengar).

Band yang memakai teknik ini : saya kira karena teknik ini salah satu dasar dari teknik – teknik vocal scream jadinya cukup banyak yang memakai teknik seperti ini.

Contohnya : The Used, Alesana, Walls of Jerricho, etc.

2. GROWL :

Teknik yang satu ini memiliki nama lain yaitu “Scream Rendah” karena pada dasarnya teknik ini sama seperti scream, cuman bedanya hanya dari keadaan bentuk mulut kita saat melakukannya. Ketika kita melakukan scream, bentuk mulut kita biasanya kita buka lebar-lebar, namun ketika kita ingin melakukan growl bentuk mulut kita harus dibentuk seperti pelafalan huruf ” O ” sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih rendah.
(nb : jika kita tidak terbiasa melakukan vokal growl, terkadang kita merasakan sangat gatal pada tenggorokan yang menyebabkan groel kita terputus-putus).

Band yang memakai teknik ini : kalau GROWL biasanya hampir dipakai oleh semua band-band beraliran Underground dan Metal.

Contohnya : The Black Dahlia Murder, Underoath, Atreyu, Carnifex , etc.

3. GRUNT :

Untuk teknik scream yang satu ini berbeda dengan scream maupun growl, karena olah vokal grunt itu menghisap suara. Teknik ini menurut saya adalah teknik yang sangat mudah dipelajari karena kita hanya perlu berbicara dengan menyedot bukan mengeluarkan.

Band yang memakai teknik ini : Sama seperti scream, teknik ini termasuk dasar dari teknik-teknik vocal scream sehingga cukup banyak band-band Undeground yang memakai teknik ini.

Contohnya : Amon Amarth, Job for a Cowboy, Suicide Silence, etc.

4. PIG SQUEALS :

Teknik yang satu ini menurut saya adalah modifikasi dari grunt, karena pada awalnya teknik ini sama dengan grunt (sama-sama menyedot) namun suara yang dihasilkan lebih terdengar seperti “Mendengkur” dan lebih melengking daripada grunt. Cara untuk Menciptakan suara ” Dengakuran ” tersebut adalah dengan melipat lidah kita kebelakang lalu baru kita sedot dengan teknik grunt yang melengking namun santai. Setelah itu barulah vokal pig squeals kita terdengar.

Band yang memakai teknik ini : karena teknik ini terbilang agak sulit, jadinya band yang memakai teknik ini tidak sebanyak seperti ketiga teknik scream yang sebelumnya. Biasanya pig squeals banyak ditemukan di band-band Metal yang lebih condong ke arah Death Metal atau Grindcore.

Contohnya : Job for a Cowboy, Mucopus, Guttural Secrete, etc.

5. FRY :7067218183_8fe4fc39e8_z

Tenik ini juga merupakan teknik modifikasi dari scream dan juga merupakan salah satu teknik vokal scream yang sering saya lakukan. Seperti namanya teknik ini kalo kita dengar suaranya seperti suara yang keluar dari tenggorokan yang kering. Tapi akhir-akhir ini saya sharing dengan beberapa vokalis band yang mempunyai karakter vokal fry, mereka mengatakan bahwa teknik ini adalah ciri suara mereka.
Saat itu saya tidak percaya, tapi setelah saya melihat cara mereka memakai teknik ini, akhirnya saya memang bisa menyimpulkan kalau teknik ini memang adalah ciri khas dari masing-masing karakter suara vocal seseorang

Band yang memakai teknik ini : karena teknik ini terbilang cukup mudah, maka cukup banyak juga band – band yang memakai teknik ini

Contohnya : Bless The Fall, Bullet For My Valentine, Bring Me The Horison, etc.

6. FALSE :

Banyak yang mengatakan bahwa teknik yang satu ini sangat susah dipelajari, karena teknik ini sama halnya seperti scream namun terjadi distorsi di tenggorokan dan pelebaran bentuk mulut sehingga menghasilkan suara scream yang tinggi namun berdistorsi. Untuk mengeluarkan distorsi di tenggorokan ada cara -caranya :
- cobalah berkata “Heahhh” tapi cara pengeluarannya adalah seperti saat kita berkata “Ehemm – Ehemm” yang menyebabkan tenggorokan kita seperti bergetar.
- coba lakukan langkah pertama itu dengan tambahan scream.
- lalu untuk membuat suaranya menjadi tinggi, mainkan bentuk mulut anda. seperti halnya kalau ingin semakin tinggi kita harus lebarkan mulut kita.
Untuk anda yang ingin belajar teknik yang satu ini. Sering-seringlah mendengarkan lagu-lagu dari band yang memakai teknik ini. Dari sana pasti anda akan menemukan letak penting dari teknik false ini.

Band yang memakai teknik ini : Banyak yang menyangka teknik ini rumit sehingga kurang begitu banyak yang memakai teknik ini. Teknik seperti ini banyak di temukan di band-band yang beraliran Deathcore, Grindcore, Deathmetal.

Contohnya ; Miss May I, Suicide Silence, Bring Me The Horison, etc.

7. DEATH :

Teknik Scream satu ini adalah suatu bentuk scream yang sangat melengking sehingga kadang-kadang terdengar seperti suara falsetto yang sangat melengking. Kalau menurut saya pribadi teknik ini dasarnya adalah dari basic suara orang itu sendiri. Kalau dari basic suaranya lebih tinggi akan lebih memudahkan untuk memelajari teknik ini.
Scream ini menurut saya cara melakukannya adalah dari 3 tahap :
1. Keluarkan Suara yang yang bernyanyi yang tinggi.
2. Kemudian Suara itu kita buat menjadi Falsetto.
3. Dan Tambahkan sedikit distorsi seperti halnya kita melakukan Scream False.
(Saya Kurang begitu paham akan scream ini, karena basic suara saya rendah jadinya saya hanya bisa melakukan growl dan paling banter fry).

Band yang memakai teknik ini : Teknik ini terbilang jarang digunakan karena kesulitannya yang sangat tinggi. Saya hanya menemukan satu band saja yang memakai teknik ini.

Contohnya : Cradle of Filth (mungkin banyak band band Black Metal lainnya yang memakai teknik ini tentunya dengan nuansa setan dan anti christ yang sangat kental )

Seperti itulah teknik dasar vokal scream dan growl yang banyak terdegar. Biasanya orang-orang yang belajar teknik-teknik scream itu kadang-kadang merasakan tenggorokan mereka gatal atau sakit. Namun anda harus percaya bahwa disitulah titik yang membangun vokal scream kita. Karena tanda – tanda itu bukti bahwa kalian sudah mulai bisa melakukan teknik-teknik tersebut, begitulah kata sahabat dekat yang mengajari saya vokal scream.

2 responses to “Teknik Vokal Scream Dan Growl

    • sama seperti saat mengeluarkan suara yang bergetar di kerongkongan, dan paling banyak (umumnya) dilakukan orang-orang saat mengeluarkan suara “eheem-eheem” begitu gan ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s