Merawat Gitar Akustik

Ar_gitar
Anda punya gitar akustik? Mungkin tips ini berguna bagi kalian yang ingin merawat dengan baik gitar kesayangannya. Gitar khususnya akustik sangat sensitif. Sedikit saja debu yang melekat sudah berpengaruh banyak terhadap perubahan karakter sound yang dihasilkan. Gitar akustik yang sering dipakai malam hari apalagi outdoor tanpa ada perawatan, juga bisa mengakibatkan perubahan suara gitar. Memakai gitar dengan tangan yang sering berkeringat juga bisa mempengaruhi kualitas suara gitar, apalagi gitar sampai terkena air pastinya fatal akibatnya. Untuk merawat gitar agar suara gitar tetap dengan peforma saat baru dibeli berikut caranya:
Bersihkan senar gitar
Bersihkan senar secara rutin, paling tidak seminggu sekali. Kalau perlu pakai cairan khusus pembersih senar string cleaner. Intinya supaya senar tidak cepat berkarat, dan menjaga karakter suaranya. Bila perlu habis memakai gitar senarnya lagsung di bersihkan, apalagi tangan saat bermain gitar gampang keringatan.
Renggangin/Kendorin senar gitar
Setelah selesai main gitar, senar harus dikendorin semuanya agar gitar akustiknya tidak melengkung yang berakibat bentuk gitar berubah atau gitar bisa baling. Dan kalau dimainkan petikan setiap fret gitar kedengaran tidak enak didengar.
Letakkan dengan benar gitar
Posisi yang benar untuk meletakkan gitar adalah ditelentangkan, dengan posisi senar bebas tidak menyentuh permukaan apapun. Kalau ada sarung gitar lebih baik disimpan disarung gitarnya.
Bersihkan body gitar
Selain senar, body, fretboard, dan bagian lainnya juga harus dibersihkan. Agar kualitas gitarnya selalu prima dan indah dipandang mata. Jadi kalaupun gitar dipakai teman, anda tidak malu.
Ganti senar gitar
Senar gitar yang sudah berkarat atau kalau dipetik suara senarnya tidak string lagi supaya diganti dengan senar gitar yang baru. Saran saya walaupun gitar akustik, kalau bisa pakai senar gitar electric karena suara senarnya lebih enak didengar dan senarnya lembut kalau dipetik.
Ganti senar gitar satu set sekaligus
Usahakan ganti senar gitar jangan cuma yang putus aja yang diganti, karena kualitas senar gitar yang baru dengan senar gitar yang sudah pernah dipakai pasti berbeda apabila bersamaan dipetiknya. Tapi itu tergantung si pemilik gitar apakah mau diganti semua, atau yang sudah putus saja. Agar betah bermain gitarnya pastikan membeli senar gitar yang berkualitas.
Jangan sembarangan kasih pinjam
Bukan niat melarang dipinjam ke teman, tapi sebagai tindakan pencegahan. Satu hal yang perlu diketahui misalkan harga gitar akustik anda 500ribu keatas, pasti harga yang lumayan mahalkan? Jadi lihat dulu teman anda apakah memang tahu dalam perawatan dan pemakaian gitar atau tidak. Anda pasti tidak tahu atau tidak melihat kondisi gitar saat sudah anda pinjamkan ke teman, tahu-tahunya ketika sudah dibalikin suara atau bentuk gitar sudah berbeda. Kesal juga kan jadinya.
Baiklah, itu saja yang bisa saya bagikan tentang perawatan gitar akustik semoga ada manfaatnya bagi yang hoby bermain gitar. Terus berkarya sobat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s