82780205

Balada Ujian Filsafat

Akhirnya UAS filsafat umum udah selesai dan hasilnya lumayan bagus, tanpa kebakaran jenggot hahaha. Muncul satu pertanyaan dari Zen “ente kok bisa dapet nilainya lebih bagus dari ane? padahal ente udah satu bulan lebih ga masuk n ga pernah belajar lagi”. Oke kali ini saya akan jawab dengan blak-blakan ala Jakarta Lawyers Club (lho lho lho, kok jadi promosi sih), ya sudah daripada ribut-ribut langsung saja kita flashback saat ujian. Wuuuzzzz.

Saat pertama masuk ruangan ujian, hawa-hawa seram udah memancar dari kawan-kawan yang ada di dalam kelas. Kalo diliat pake kaca mata anime, bayangan auranya udah kaya monster-monster di Haiyore Nyaruko-san. Pokoknya udah keliatan sangar, sadis, kejem, tatapan serius, dll. Apalagi kalo liat gerombolannya Three Angels (Maizan, Ocha, sama Ofi), waduh hawanya udah kaya mau diterkam ular maha gede. Pas dapet lembar soalnya ‘deg’ jantung udah mau copot. Soalnya super berat bro! apalagi ga pake belajar sebelumnya (jelaslah orang ga punya catetan apa-apa). Akhirnya lembar jawaban dibiarin kosong, trus coba mikir-mikir penjelasannya ‘sang pencerah’ kita dahulu. Dikarenakan otak udah ruwet, yang keluar malah pertanyaan sama jawaban aneh kaya gini “berapa ampere yang dialirkan pada resistor 20 ohm jika daya masuknya adalah 3,0 volt? jawabannya adalah direktur perusahaan ampere” (makin lama, ini otak makin ngaco). Mikir, mikir, mikir, lama-lama mata jadi berat (loh kok bisa ya?) pandangan buyar, akhirnya gelap deh. Tau-tau ane terlempar ke dunia portal (dunia apaan juga gue ga ngerti), nah disitu ketemu cewe yang ngakunya sih temen kecil gue. Nah disitu kita banyak ngobrol-ngobrol sambil jalan kesana-kemari, trus ane omongin deh uneg-uneg soal ujian filsafat. Dia bilang kalo sebagian jawaban di soal filsafat itu ada di ingetan-ingetan yang dulu, tapi ane hrus cari ngetan-ingetan itu di dunia lain. Denger dia ngomong kaya gitu rasanya tuh pengen nimpuk aja, tapi ga tau kenapa ga bisa. Oke deh ane usaha ngumpulin seluruh ingetan-ingetan ane di dunia lain. Nyari ke portal sana portal sini ga nemu-nemu juga, akhirnya nemu portal aneh yang dunianya kaya dunia yang bener-bener nyata (ga kaya dunia sebelumnya yang kaya dunia mimpi). Settingan dunianya juga kaya dikampus, anak-anak lagi ujian, dan ada ane yang lagi tidur (cuk, apaan nih! bikin orang paranoid android). Next ane liat si fahmi goyang-goyangin tangan ane dan ane bangun! kembali kedunia nyata.

Mengingat waktu ujian udah makin sempit ane coba inget-inget lagi penjelasannya ‘sang pencerah’ dan bisa! ajaib! jahanam, luar biasa! ane isi lembar kertas ane yang daritadi kosong melompong, sama dikit minta bantuan Fahmi dan akhirnya selesai terakhir (soalnya anak-anak udah pada cabut dari kelas). Di luar ane mikir lagi, bukan soal filsafat tapi kenapa ane bisa terlempar ke dunia portal yang ga jelas gitu. Tiba-tiba keinget postingan orang di 9gag dulu yang katanya kalo ciri-cirinya sama kaya yang ane rasain barusan, itu namanya sedang mengalamiĀ lucid dreams (eett dah, baru nyadar). Untung aja tadi si Fahmi bangunin ane, kalo ga ane bisa tersesat di dunia portal selamanya dan tubuh ane diambil alih jiwa laen. Mulai saat itu juga ane bersumpah atas nama forgotten gold (loh itu cincinnya The Lord of The Ring’s), ane ga bakal tidur dikelas lagi pas ujian.

Pas ane ceritain ini ke Zen tanggepannya dia “ente terlalu banyak baca one piece, manga, anime, sama buka 9gag, jadinya hidup ente acakadut ga karuan, ga tentram, ga aman, dll. Contoh hidup ane nih, simpel, aman, dan tentram” (padahal ga keliatan kaya gitu). Tapi ya mau gimana lagi, manga, anime, 9gag itu udah merupakan jiwa ane. Kalo ga ada barang-barang kaya gitu ane kehilangan sesuatu yang ceeettar membahana kaya Syahrini hahaha.

4 thoughts on “Balada Ujian Filsafat”

      1. salahe kau nyebut namaku pake nama asli lagi..klo nama yg Olalapo permennya yg ukuran sedeng. berhubung kau nyebut nama asli jd permen yg gedeee

Leave a Reply

