AKB48/ JKT48 FAQ Guide For Dummies/ Haters

banner.home.0Oke, seperti judul diatas disini saya akan sedikit nerangin sejarah dan konsep Office48. AKB48 adalah sebuah idol group yang diciptakan oleh Akimoto Yasushi pada tahun 2005 dengan konsep ‘idols you can meet’.

Apa maksudnya? Pernahkah suatu ketika anda melihat artis idola anda di televisi atau majalah, anda hanya bisa berkhayal dan berkata pada diri anda sendiri, “Bisa gak ya suatu saat saya ketemu sama dia? Ngobrol, salaman, kasih hadiah, minta tandatangan, dsb” Tentu saja sulit bukan? Bayangin jadwal kesibukan seorang artis seperti apa, kita juga jarang tahu sang artis itu lagi dimana saat ini, kalaupun ketemu bisa dibayangin bodyguard berbadan besar segera siap melempar anda ke got terdekat ketika anda menghampiri dalam jangkauan sekian meter.

Nah, Akimoto Yasuhi (lebih akrab dikenal Aki-P / Yasusu) melihat celah kekurangan ini dan membuat sebuah ide cerdas yakni membuat sebuah idol group yang bisa anda temui setiap hari. Ya, setiap hari! Bagaimana caranya? Dengan memberi artisnya tempat rutin untuk tampil sehingga fans bisa datang sendiri ketika mereka mau/sempat. Letak ‘tempat pertemuan’ ini akhirnya diputuskan berada di Lantai 8 gedung Don Quijote (DonQ), Akihabara. Enam tahun berselang, tidak pernah ada yang menyangka grup idola yang dia ciptakan akan menjelma dari ‘pasukan penjaja celana dalam’ (ejekan untuk mereka saat itu) menjadi sebuah fenomena sosial baru di Jepang saat ini.

Berhubung sekarang telah dibentuk JKT48 sebagai cabang baru lokal, saya melihat ada gelombang fans baru yang ingin tahu latar belakang AKB48 dan sister grup lokalnya JKT48, serta tentu saja barisan haters yang mungkin terbentuk karena salah info tentang konsep Office48. Untuk itulah saya coba membuat beberapa tulisan (tentu sebatas pengetahuan saya) tentang beberapa pertanyaan yang mungkin muncul dari benak newcomers/ haters.

1. Apakah JKT48 adalah resmi atau plagiat?

JKT48 adalah sister group RESMI dari AKB48. Mereka itu sama saja dengan SKE48, NMB48, HKT48, yang beda hanyalah basis JKT adalah luar negeri dan mereka adalah sister group PERTAMA yang berbasis luar negeri. Aki-P sebetulnya sudah pernah mencoba menjual konsep franchise48 ini ke Eropa dan Amerika ketika AKB melakukan kunjungan kesana pada tahun 2009, tapi entah kenapa yg positif menyambut ide ini justru datang dari negara-negara Asia.

Kalau anda membuka web resmi AKB48 (www.akb48.co.jp) anda akan menemukan link web JKT48 di sisi kiri, apakah plagiator akan diberi tempat di web resmi korbannya? Come on people, common sense here, derp.

2. Apakah 48 menunjukan jumlah anggotanya?

Ini adalah salah satu kesalahan umum yg paling sering terjadi, bahkan diantara mereka yg sudah lama mengikuti AKB48 sekalipun. Angka 48 TIDAK PERNAH diambil dari rencana jumlah anggota yang akan dibentuk Aki-P pada waktu itu. Angka tersebut diambil dari nama boss Office48, Shiba Kotaro (Shi=4, Ba=8). Bahkan sebenarnya sekarang member dari seluruh 48 family itu sudah mencapai ratusan orang!

3. Ini mau nyanyi apa demo rame amat?

Kalau anda membaca prolog diatas maka anda akan tahu kalau AKB48 pada awalnya adalah grup berbasis teater, bukan pop grup murni. Mereka harus tampil setiap hari di teater DonQ, bahkan di akhir pekan mereka harus tampil 3 kali dalam sehari, membawakan Stage yang sedang berjalan waktu itu.

Sekarang bayangkan kalau seandainya jumlah mereka cuma 5-7 orang (anggap aja seperti umumnya jumlah band negeri seberang) dan jadwal tampilnya seperti itu. Belum lagi dihitung jadwal sekolah/ kuliah. Saya rasa dalam setahun 1 member akan mengundurkan diri, 2 member disuruh pensiun oleh orang tuanya, 1 member orang tuanya mengadu ke Komisi Anak karena kasus perbudakan bawah umur, dan 3 sisanya meninggal karena tipes. Jadi ada alasan yang sangat jelas dan sangat rasional dari jumlah mereka yang banyak.

4. Apa itu Teater? Apa itu Stage? JKT48 punya Teaterbanner.home.6 sendiri ga?

Teater adalah tempat para member menampilkan Stage mereka. Yang membawa kita ke pertanyaan berikut, apa itu Stage? Stage adalah susunan lagu yang sama dan dimainkan untuk jangka waktu tertentu di teater.

Saya kasih contoh pengandaian, katakanlah ada Stage J-1, isinya sebagai berikut: lagu A, lagu B, lagu C, lagu D, lagu E. Nah selama jadwal di teaternya tertulis hari itu akan dipentaskan Stage J-1, maka yang kalian tonton di teater akan selalu lagu A sampai E, biarpun kalian datang beda hari nontonnya lagunya diulang-ulang itu lagi. Analogi lebih gampang lagi, anggap saja teater itu bioskop, selama di papan jadwalnya adalah film AAA maka kalian datang dapetnya ya nonton film tersebut. Nah satu Stage ini biasanya dikasih waktu berjalan beberapa bulan (pada kondisi normal), baru setelahnya diganti menjadi Stage J-2 dengan setlist lagu yang baru.

Lalu apakah JKT48 punya teater mereka sendiri? Offcourse mereka punya. Teater milik JKT48 ini terletak di Fx Lifestyle X’nter Jakarta dan pembukaan teater ini dilangsungkan pada tanggal 8 September 2012 lalu. Teater JKT48 berkapasitas sekitar 210 orang, 180 kursi untuk penonton duduk, dan 30 penonton berdiri. Luas panggung teater kira-kira 30 m2.

5. Group48 menggunakan seks sebagai nilai jual mereka?

Itulah yang terjadi ketika Anda cuma melihat AKB48 & co. CUMA DARI HEAVY ROTATION!
Hebirote adalah lagu yang sangat fenomenal, lagu ini menjelma menjadi lagu yang sangat iconiq buat AKB48, tapi bukan berarti itu adalah cerminan AKB48 secara keseluruhan. Tahukah anda kalau 48 family itu punya 400 lebih lagu? Kalau anda ingin lebih lanjut mendalami mereka saya anjurkan anda mendengarkan lagu-lagu Stage. Anda akan terkejut ketika menyadari bahwa idol group yang Anda anggap ecek-ecek (dan esek-esek) ini ternyata punya begitu banyak lagu multi tema dan multi genre.

6. Kualitas mereka dipertanyakan?

Ngak usah jauh-jauh, AKB48 yang sangat terkenal sekarang itu aja gak ada satupun yg bisa menyanyi seperti Celine Dion atau Whitney Houston kok.

Kenapa begitu? Karena memang di dalam sebuah konsep idol group kemampuan bernyanyi bukanlah yang nomor satu. Ciri khas idol group jepang itu justru banyak membernya yang nyanyi sember, dancenya memble, kalo ngomong grogi gak jelas, giginya miring, matanya juling, dan sebagainya. LOL…

Terus apanya yang mau dijual kalo begitu? Nah, ini dia bedanya punya negeri sakura dengan negeri ginseng. Kalo di Korea mereka menjual PRODUK, tapi di Jepang mereka menjual PROSES. Ketika anda melihat seseorang yang punya banyak kekurangan tapi tetap menunjukan kemauan keras untuk semakin membaik, tidakkah hal itu menyentuh hati anda? Tidakkah hal itu membuat anda ingin mendukung mereka? (inilah cikal bakal dari istilah oshimen = oshi member = member yg didukung).

Disitulah nilai jual idol group jepang, dimana selain kita dibuat tertarik ingin mengikuti perjuangan dan perubahan mereka, kita sendiri juga seperti diajari bahwa sebagai orang yang juga tidak sempurna, kita jangan sampai kalah semangat dengan mereka. Growing up together with the fans, isn’t that great?

Un621868_492638344112547_669296745_otuk sementara baru itu saja yang kepikiran. Nanti saya tambahkan kalo ada yang melintas di benak dan dirasa perlu. Semoga bisa membantu menjawab pertanyaan yg sering diulang-ulang di sosial media oleh para newcomers/ haters.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s