Tips Memilih Sepatu Futsal Yang Nyaman

Futsal sudah bukan hal asing di telinga seluruh pecinta sepakbola di indonesia. Semua elemen masyarakat dunia pasti suka yang namanya sepakbola, dan Futsal merupakan salah satu olahraga alternatif terbaik yang bisa memenuhi passion dalam kehidupan sepakbola.

Sekedar nostalgia, zaman dulu pas baru nge-trend futsal di indonesia, ada yang nyebut futsal mini soccer atau ada yang bilang sepakbola indoor padahal ya beda cabang nya hehe.Nah pemilihan sepatu juga kadang masih seadanya, karena ketersediaan yang masih jarang, dulu ada yang make sepatu badminton lah, sepatu running, dll.

Sering perkembangan zaman dan pemikiran, sepatu futsal juga makin berkembang dan banyak variannya. Di Topic ini saya akan sharing masalah pemilihan sepatu futsal yang baik dan nyaman disesuaikan dengan budget masing masing.

1. Budget

Keterbatasan budget bukan menjadi alasan untuk kamu memilih sepatu fake atau KW untuk pemilihan sepatu futsal, karena selain masalah kenyamanan sepatu fake juga berpengaruh masalah durability. Rugi loh kalau beli sepatu KW dengan harga beda tipis, jika ga awet sama aja nanti bakal ngeluarin duit lebih buat beli sepatu yang baru.

Pilih range harga sesuai budget, kalo cuma ada budget sekitar 150rb – 250rb pilih sepatu lokal atau sepatu impor yang entry level, tapi saya lebih rekomendasi ke lokal karena biasanya dengan budget segitu sudah dapet kualitas yang cukup dibanding kelas entry level. Kalo ada budget sekitar 300rb – 500rb budget segini sudah cukup variatif buat memilih kelas sepatu futsal di Middle Grade, bisa dapat yang kualitas yang baik. Kalo budget >500rb ini sih udah bisa pilih segala macam sepatu Top Grade, dan biasanya level pemain yang memilih sepatu dengan budget segini kalo ga pemain professional ya sudah addicted dengan comfort sepatu itu sendiri.

2. Memilih Bahan Upper

Upper atau yang biasa disebut bagian punggung atas sepatu merupakan salah satu faktor penting dalam kenyamanan dalam bermain. Dalam hal ini kebanyakan yang beredar biasanya diberi pilihan antara Upper Synthetic dan Upper Leather dan menyesuaikan budget juga pada kelas entry level sih. Biasanya sepatu tersebut mempunyai Upper Synthetic karena bahan yang lebih murah juga tentunya, dalam hal kenyamanan sudah pasti Upper Leather lebih nyaman karena konturnya yang menyesuaikan bentuk kaki tidak seperti Upper Synthetic yang berkontur agak kaku.

Kok keliatan nya sama ya? Kalo diliat dari jauh memang keliatan sama persis, cara membedakannya dengan dipegang langsung. Coba tekan bagian upper kalo mengerut berarti itu berbahan leather dan biasanya ditandai logo leather seperti contoh yang kanan. Kalo kaku dan ga mengerut ya berarti itu berbahan synthetic.

3. Wid-Fit vs Slim-Fit

Bentuk kaki juga turut berpengaruh dalam pemilihan sepatu, karena disediakan bentuk sepatu yang berbeda-beda pula setiap jenisnya, dan yang pertama di analisa dulu adalah bentuk kaki kamu Wide atau Slim, karena setiap tipe dan merek mempunyai karakter yang berbeda pula.

Cara termudah biasanya dengan mencoba langsung sepatu yang diinginkan karena kaki wide sudah pasti sesak jika memakai tipe yang slim. Contoh tipe sepatu Wide-fit: Adidas Predator, Adidas Adiseries, Nike Total90, Nike Gato Series, etc. Contoh tipe sepatu Slim-fit: Adidas Fseries, Nike Mercurial, Nike Elastico, etc.

4. Tipe Indoor Atau Turf

Indoor atau Turf? Ini cuma masalah fungsi aja. Penggunaan indoor lebih flexible ke semua court futsal dari taraflex. Bahkan vynil lapangan semenpun pas untuk tipe indoor. Di beberapa tempat juga sering ada orang yang bermain di lapangan turf atau biasa disebut sintetis, dengan tetap memakain tipe indoor karena faktor kebiasaan, dan tipe turf biasanya dipakai khusus di lapangan Turf. Bedanya adalah daya cengkram lebih baik jika menggunakan tipe turf di lapangan yang juga tipe turf.

Sekian tips kecil dari saya dalam pemilihan sepatu futsal, semoga menambah referensi bagi anda yang ingin membeli sepatu futsal. Tetap jaga sportivitas dan salam olahraga!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s