Cherry Blossom And Falling Leaf

Tiga Tahun yang lalu pada sebuah bandara kecil di Ibu Kota kita duduk bercanda pada sebuah sayap pesawat. Dia adalah seorang wanita luar biasa yang mengubah duniaku. Sampai saat ini aku masih mengingat cara ia memandang segala sesuatu dalam matanya yang bening layaknya embun pagi, atau saat ia terlelap dalam peraduan malam. Ahh, aku juga masih ingat bau parfum kesukaannya yang selalu ia kenakan saat ngampus, pakaian kesukaannya, aksen medok jawanya yang halus, twist-twistnya Continue reading Cherry Blossom And Falling Leaf

Advertisements

My Way

Punya pacar itu jaman sekarang udah kaya kebutuhan aja. Bukan lagi sekedar gengsi kalo ga punya status relationship di facebook, twitter, dan socmed lainnya. Mungkin aku satu dari sebagian orang yang memilih untuk tidak berpacaran (saat ini). Why? bukan karena pengen irit duit, atau ga laku, dan semacamnya, tapi aku selalu meyakini bahwa cinta itu bukan tanpa logika. Cinta itu metalogika! Sebagian dari kalian mungkin tidak bisa membedakan antara cinta dan suka, karena memang banyak orang yang sulit untuk membedakannya dan akhirnya jatuh dalam lubang yang kita sebut saat ini dengan kegalauan tingkat akut wkwkwk. Oke, jadi dalam pandangan saya Continue reading My Way

Cinta (Dalam Pandanganku)

Seorang gadis memintaku menulis tentang cinta.
Demi ayah dan ibuku, hei gadis manis dengarlah…

Cinta adalah geraham Muhammad yang koyak di Badar dan Uhud
Cinta adalah kesabaran Ali di Saqifah dan Shiffin
Cinta adalah luka dan kesendirian Fathimah
Cinta adalah racun yang diteguk Al-Mujtaba
Cinta adalah adalah darah Al-Husain di Karbala
Cinta adalah jerit pilu Sukainah, Ruqayyah, Atikah

Cinta adalah sabda Zainab ketika ia bersumpah pada Yazid si celaka, “Demi Allah, tiadalah aku melihat terbunuhnya Husain kecuali keindahan, hai anak marjanah…!!!”

Empat Tingkatan Ilmu Dalam Islam

Dalam Islam, pemahaman/persepsi alias ilmu dibagi menjadi 4 jenis. berikut urutannya dari tingkatan ilmu yang paling rendah ke tingkat yang paling utama :

 

1. Khayal (Fantasi)

Adalah jenis ilmu yang tak memiliki misdaq (wujud luar/realitas) selain di dalam benak. ia adalah jenis pemahaman yang lahir dari khayalan, fantasi, ilusi, dan berbentuk mitos-mitos. nilai kebenarannya ‘zero point’ tidak ada sama sekali.

 

2. Syak (Ragu)

Adalah jenis ilmu yang nilai kebenarannya ‘fifty-fifty’. mungkin benar, mungkin salah. Continue reading Empat Tingkatan Ilmu Dalam Islam

Ga Boleh Ngucapin Selamat Natal?

Sebetulnya udah ada beberapa teman yang cerita tentang iklan yang promosiin supaya jangan ngucapin Natal, tapi baru aja dapet link nya dari salah satu page di facebook.

“Iklan” tersebut menggunakan percakapan antara seorang muslim dan kristiani seperti berikut:

Muslim: Bagaimana Natalmu?

Nasrani: Baik. Kau tidak mengucapkan Selamat Natal padaku?

Muslim: Tidak, agama saya mengajarkan tentang pentingnya toleransi dan menghargai antar umat beragama, tapi tentang hal ini, agama saya melarangnya. Continue reading Ga Boleh Ngucapin Selamat Natal?

Sunni Lokal Dan Sunni Transnasional

Oleh : Dr. Muhsin Labib

Mencermati fenomena kelompok intoleran (yang umumnya bercorak skriptural) yang makin intensif melakukan ekspansi, dapat dipetakan beberapa sasaran berdasarkan variable sebagai berikut:

Santri 

Berdasarkan letak dan tempat sasaran ekspasi, kelompok skirptural mengintensifkan ekspansinya di wilayah-wilayah non pesisir Jawa, karena sejumlah faktor sebagai berikut:

Wilayah pesisir Jawa terutama Jawa Timur yang dikenal dengan wilayah Tapal Kuda didominasi oleh masyarakat santri, sebagaimana disebutkan dalam teori Clifford Greetz.

Secara sosial, masyarakat santri memang hidup sebagai santri baik secara sosial maupun pendidikan. Santri umum adalah orang yang hidup secara sosial sebagai santri. Umumnya mereka hidup dalam lingkungan yang dekat dengan agamawan (kyai). Pola kehidupan mereka pun cenderung nyantri Continue reading Sunni Lokal Dan Sunni Transnasional

Sunni Asli & Sunni Saudi

Oleh : Dr. Muhsin Labib

Kelompok intoleran yang menganut skripturalisme tidak melakukan agresi dan pembusukan secara langsung terhadap Sunni Asyari, yang direpresentasi oleh NU namun melakukannya dengan tiga macam :
1) Melemahkannya melalui pengambilan alihan masjid dan langgar yang secara temurun menjadi basis sosial keagamaan NU
2) Mmenggunting jalur koordinasi PBNU dengan cabang-cabangnya terutama di Jawa Timur dengan beragam modus
3) Melakukan kampanye intensif dengan mencatut nama Ahlussunnah (yang selama berabad-abad identik dengan Akidah Asy’ariyah) dan membajak atribut “Salaf” (yang senantiasa menghiasi papan nama pesantren-pesantren berbasis Sunni Asy’ari) di seluruh wilayah Jawa.

Skripturalisme hanya akan melalukan agresi tidak langsung di wilayah Santri, Continue reading Sunni Asli & Sunni Saudi

Berdekatankah Kita?

228213_211375355563350_100000726608534_696351_193089_n

 

 

 

 

 

 

 

Berdekatankah kita? Sedang rasa teramat jauh
Tapi berjauhankah kita? Sedang rasa teramat begini dekat
Seperti langit dan warna biru
Seperti sepi menyeru

Oh Kekasih, Kau kandung aku
Kukandung Engkau
Seperti mengandung mimpi
Terendam di kepala

Namun sayup tak terhingga
Hanya sunyi mengajari kita untuk tak mendua

Di Jalanan, Di Rumah

Di jalanan. Lampu-lampu berbaris seperti tentara berbaris menyambut kendara borjuis pakai mesin tak pakai mesin berantai berjalan dirantai seperti anjing melolong terkaing-kaing di ujung kampung yang tak banyak pohon rimbun tempat angin berbisik menyampaikan surat cinta palsu, janji palsu, dan diterbangkannya daun ke depan pintu yang menguning−sekuning gigi bandot jelek mengumpat putain pada kaleng kosong di lorong dengan selongsong Continue reading Di Jalanan, Di Rumah

Histeria Usia

 

keberangkatan
setajam Waktu, setipis
selaput kabut yang koyak
oleh histeria.

namun keberangkatan
tak pernah Lepas dari laju.
di sana pula hingar dan senyap
kerap bertemu.
dan yang jauh di angan,
pada perjalanan,
perkenalanperkenalan yang akan
menancapkan ide bahwa Istirah ialah penting.

“biarkan semua sunyi tanpa kata,” ucapmu.

pada langkah ke-25.
kamu kian mengerti apa makna
dari berbagi keheningan,
kendati tanpa denting gelas Château
de St.-Cosme Gigondas Valbelle,
atau botol Scotch yang tumpah.
maka bising usia,
tak pernah terasa senja.

Puisi ini untuk sahabatku, Sarah Chyntia Wijaya
Selamat merayakan pertambahan usia
Semoga kenangan yang kau tinggalkan tetap membekas di hati kami
We miss you Nta.